Tentang Kami

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bantul ,Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki Tugas Pokok dan Fungsinya dalam ikut serta mencerdaskan masyarakat Bantul menuju Bantul Sehat, Cerdas,dan Sejahtera dengan mengampu 3 (tiga) urusan yaitu Bidang Perpustakaan, Bidang Pelayanan, dan Bidang Kearsipan.

Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul sangat memperhatikan Kebutuhan literasi untuk anak-anak di wilayah Kabupaten Bantul. Adanya Pustaka Anak dan Info berita terkait Anak dapat memenuhi kebutuhan sumber belajarnya. PISA hadir untuk Anak-anak Bantul secara online sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Informasi dapat dilihat pada website:
Koleksi Pusataka Anak dan halaman berita Info Perpustakaan dan Anak

Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Perpustakaan Daerah Kabupaten Bantul sebagai lembaga layanan publik terus berupaya mengembangkan berbagai program menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Program dan kegiatan menyesuaikan tren kebutuhan saat ini, termasuk mengembangkan koleksi yang bersifat literasi terapan.

Pengembangan koleksi tidak hanya berhenti pada kebutuhan membaca saja, tetapi terarah pada peningkatan keterampilan masyarakat. Pustaka terapan diimplementasikan melalui kegiatan pelatihan berbasis pemberdayaan untuk memberi bekal keterampilan masyarakat.

Kebutuhan koleksi untuk para petani, pedagang, pendidik, peternak, serta pustaka penunjang bagi profesi lain pun diperlukan sehingga mampu meningkatkan keahlian dan kemampuan mereka. Bahkan koleksi berbasis terapan lainnya seperti resep masakan, mendidik anak, merancang bangunan, membuat kolam, budidaya tanaman, maupun tema-tema bersifat keterampilan terapan tersedia di perpustakaan.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Bantul telah melakukan transformasi layanan secara bertahap. Transformasi perpustakaan untuk mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial melalui pengembangan pustaka terapan sekaligus mewujudkan ekosistem digital nasional. Pustaka terapan, baik yang tercetak maupun digital dapat diakses secara online melalui aplikasi Bantul Pinter.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Bantul juga siap menjalin kemitraan dengan seluruh stakeholder (perangkat daerah, sektor swasta, komunitas, library supporter, dan tokoh masyarakat) untuk keberlanjutan program-program pemberdayaan masyarakat berbasis literasi terapan.

Pustaka Terbaru

Lihat Semua

Informasi Perpustakaan

Lihat Semua

Keliling Event Tertentu di SDN 2 Cepokojajar

Selasa (23/4/2024) pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, mobil layanan keliling dan multimedia Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul mengunjungi SD Negeri 2 Cepokojajar yang mengajukan permohonan layanan keliling event tertentu, SD Negeri 2 Cepokojajar berlokasi di Padangan, Sitimulyo, Kapanewon Piyungan Bantul. Layanan ini dalam rangka meningkatkan minat baca pada siswa-siswi SD Negeri 2 Cepokojajar. Guru dan siswa-siswi sangat senang dan bersama-sama memanfaatkan layanan keli... Read More

by Dwi Farah Puspita , 19 jam yang lalu

Keliling Event Tertentu di SDN Banguntapan

Kamis (4/4/2024) pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai, mobil layanan keliling dan multimedia Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul mengunjungi halaman SDN Banguntapan yang mengajukan permohonan layanan keliling event tertentu, SDN Banguntapan beralamat di Jl. Raya Berbah, Tegalkopen, Kapanewon Banguntapan Bantul. Layanan ini bertepatan dengan adanya kegiatan “Pondok Ramadhan” yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Layanan keliling multimedia Dispusip Bantul ikut mem... Read More

by Dwi Farah Puspita , 2 minggu yang lalu

Perpustakaan Keliling Mengujungi SD Kedungmiri

Pada  hari Senin (01/04/24) giliran SD Kedungmiri mendapatkan jadwal layanan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul. SD Kedungmiri beralamat di Desa Sriharjo Kapanewon Imogiri Bantul, layanan Keliling tersebut dilakukan oleh petugas layanan Dispusip Bantul. Pada saat kunjungan datang disambut dengan antusias beberapa siswa-siswi SD Kedungmiri beserta petugas perpustakaan SD Kedungmiri dengan penuh semangat memilih buku-buku yang mereka sukai di mobil keliling untuk... Read More

by Dwi Farah Puspita , 3 minggu yang lalu

Lihat Semua

Pengunjung Website

7 hari terakhir

Pengunjung Perpustakaan

7 hari terakhir