Mobil Perpustakaan Multimedia Ramah Anak

Mufti-AM

1 tahun yang lalu

Sebagai upaya meningkatkan literasi masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta mewujudkan ekosistem literasi digital di Kabupaten Bantul yang ramah anak, Perpustakaan Daerah (Perpusda) menghadirkan mobil perpustakaan multimedia ramah anak di Sunday Morning (Sunmor) Bukit Mengger, Trimulyo, Jetis, Bantul, Minggu (29/05/2022). Hadirnya mobil multimedia  di kawasan tersebut sekaligus mendukung kegiatan Halal bi Halal dan Ngobrol Santai Keluarga Besar Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Bantul.

Mobil multimedia merupakan salah satu layanan perpustakaan keliling untuk even tertentu. Selain buku bacaan, guna menunjang operasionalnya, mobil dilengkapi dengan sarana berbasis TIK, berupa seperangkat komputer dan jaringan internet. Masyarakat bisa membaca, internetan, nonton film, akses buku digital, maupun layanan online lainnya. Misalnya pendaftaran anggota perpustakaan atau buku digital yang terhubung langsung ke Perpustakaan Nasional (iPusnas). Sementara bagi warga Bantul yang sudah punya kartu anggota bisa pinjam buku bacaan gratis.

Di samping mewujudkan ekosistem literasi digital yang ramah anak, Perpusda Bantul pun berkomitmen mendukung program Bantul Kabupaten Layak Anak (KLA). Perpusda Bantul memiliki Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yang fungsinya tidak hanya memberikan informasi layak anak. Namun, juga mendampingi anak bagaimana cara mengakses koleksi atau konten-konten layak anak di perpustakaan dan dimana saja ada layanan perpustakaan.*

 

Informasi Lainnya

by Dwi Farah Puspita , 1 minggu yang lalu

Layanan Keliling Event Tertentu di SDN 2 Dodogan

. Read More

by Dwi Farah Puspita , 2 minggu yang lalu

Pusling di SD Kedungpring Ramai Pengunjung

. Read More

by Dwi Farah Puspita , 2 minggu yang lalu

Festival Literasi di SMPN 1 Pandak

. Read More