Si Jambul Mandi di Kolam

Mufti-AM

2 tahun yang lalu

Sistim Pinjam Buku serta Literatur secara Mandiri oleh Komunitas, Sekolah, dan Taman Bacaan Masyarakat (Si Jambul Mandi di Kolam) adalah inovasi produk layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul. Inovasi ini dikembangkan sebagai komitmen pelayanan perpustakaan kepada seluruh unsur masyarakat di wilayah Kabupaten Bantul.

Si Jambul Mandi di Kolam sering disebut juga dengan layanan mandiri. Layanan ini bertujuan mendekatkan buku dan membantu masyarakat yang tidak sempat datang ke Perpustakaan Daerah. Munculnya inovasi  dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat gemar membaca masyarakat, sebaran buku kurang merata, serta terbatasnya jangkauan layanan perpustakaan keliling. Di samping itu, inovasi terbaru Dispusip menjadi solusi layanan di masa pandemi Covid-19.

Salah satu contoh lembaga yang sudah bekerja sama dengan layanan Si Jambul Mandi di Kolam adalah Perpustakaan Puntodewo, SMA Negeri 1 Pajangan. Perpustakaan Puntodewo merupakan mitra paling aktif dan produktif sehingga sering dijadikan model layanan untuk keperluan promosi dan publikasi. 

Foto: Tim Inovasi Si Jambul Mandi di Kolam bersama Tim Perpustakaan Puntodewo

Informasi Lainnya

by Dwi Farah Puspita , 1 minggu yang lalu

Layanan Keliling Event Tertentu di SDN 2 Dodogan

. Read More

by Dwi Farah Puspita , 2 minggu yang lalu

Pusling di SD Kedungpring Ramai Pengunjung

. Read More

by Dwi Farah Puspita , 2 minggu yang lalu

Festival Literasi di SMPN 1 Pandak

. Read More