Peningkatan peran Perpustakaan Desa

Dwi Farah Puspita

2 tahun yang lalu

Selasa (05-04-2022) pukul 08.30 sampai selesai, Perpusda Bantul menyelenggarakan Forum Komunikasi Perpustakaan Desa sebagai upaya meningkatkan kerjasama, koordinasi dan kesepahaman dalam mengembangkan Perpustakaan Desa. 

Menghadirkan Pustakawan DPAD DIY Hadi Pranoto, SIP. sebagai pembicara dalam kegiatan Forkom Perpustakaan Desa Kabupaten Bantul. Selain itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul juga mengundang Serta Kepala Desa se Kabupaten Bantul. Kegiatan ini berlangsung di ruang aula lantai 3 (tiga) Perpusda Kabupaten Bantul. Acara di buka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul Sukrisna Dwi Susanta, M.Si.

Hadi Pranoto, SIP.  dalam paparanya enyampaikan jika Perpustakaan Desa harus berbasis Inklusi Sosial yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, dengan adanya program tersebut perpustakaan khususnya perpustakaan desa dapat berperan aktif dalam mewujudkan keberhasilan berbagai program pembangunan berkelanjutan melaui pemberdayaanmasyarakat. Perpustakaan berbasis inklusi sosial, juga dapat membantu masyarakat desa untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri, dan membantu meningkatkan jejaring sosial.

Selain itu dijelaskan pula tentang perlunya Peningkatankompetensi Tenaga Pengelola dalam pengelolaan perpustakaan desa, Pengelolaan Perpusdes merupakan hal yang sangat penting agar keberadaannya mampu diterima oleh masyarakat.

Kemudian terahir pemaparan mengenai Standarisasi Perpustakaan Desa yaitu pembahasan  6 (enam) komponen akreditasi dengan adanya perpustakaan desa yang sesuai standar perpustakaan maka perpustakaan desa akan semakin maju dan berkembang. Acara tersebut berjalan dengan lancar dengan tetap memperhatikan prokes.

Informasi Lainnya

by Dwi Farah Puspita , 20 jam yang lalu

Keliling Event Tertentu di SDN 2 Cepokojajar

. Read More

by Dwi Farah Puspita , 2 minggu yang lalu

Keliling Event Tertentu di SDN Banguntapan

. Read More

by Dwi Farah Puspita , 3 minggu yang lalu

Perpustakaan Keliling Mengujungi SD Kedungmiri

. Read More