Panduan penggunaan Generative Artificial Inteligence (GenAI) pada pembelajaran di Perguruan Tinggi
Keterangan Bibliografi
Pengarang | : Sri Suning Kusumawardani, dkk. |
Pengarang 2 | : |
Kontributor | : Fajar Priautama, dkk. (editor) |
Penerbit | : Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi |
Kota terbit | : Jakarta |
Tahun terbit | : 2024 |
ISBN | : - |
Subyek | : Kecerdasan Buatan - Panduan Penggunaan - Perguruan Tinggi |
Klasifikasi | : 006.3 Sri p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : Cetakan 1 |
Halaman | : 122 hlm.: ilus.; 24 cm. |
Pustaka Pilihan | : |
Jenis Koleksi Pustaka
E-Book
Kategori Pustaka
remaja dewasa umum
Abstraksi
Kemajuan Generative AI memberikan peluang baru untuk meningkatkan efektivitas
dan efisiensi proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Teknologi ini dapat
dimanfaatkan untuk menciptakan konten pembelajaran yang inovatif, membantu
personalisasi pembelajaran, dan mendukung pembelajaran inklusif. Namun
disamping itu, Generative AI juga dapat memberikan dampak negatif jika tidak
digunakan secara bijak. Risiko seperti plagiarisme dan ketergantungan pada
Generative AI menurunkan kreativitas dan kualitas berpikir kritis yang seharusnya
menjadi tujuan utama pembelajaran di perguruan tinggi. Tantangan-tantangan ini
perlu kita atasi dengan baik dan penuh tanggung jawab.
Buku panduan ini disusun untuk membantu dosen, mahasiswa, dan seluruh civitas
akademika untuk memahami dan menerapkan etika penggunaan Generative AI dalam
pembelajaran perguruan tinggi. Kami berharap buku panduan ini dapat menjadi
pedoman dalam memastikan proses pembelajaran di perguruan tinggi
memperhatikan berbagai aspek etis, seperti integritas, keamanan dan privasi data,
transparansi, serta inklusivitas.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 6/L/2025 | Ya |