Pedoman tata ruang perpustakaan sekolah/madrasah

Keterangan Bibliografi
Pengarang : Paramita Atmodiwirjo
Pengarang 2 : Yandi Andri Yatmo
Kontributor : Lucya Dhamayanti (editor)
Penerbit : Perpustakaan Nasional RI
Kota terbit : Jakarta
Tahun terbit : 2015
ISBN : 978-979-008-180-2
Subyek : Perpustakaan sekolah - Tata Ruang
Klasifikasi : 027.6 Par p
Bahasa : Indonesia
Edisi : Cet.3
Halaman : iii, 93 hlm. ; Ilus. ; 21 cm.
Jenis Koleksi Pustaka

E-Book

Kategori Pustaka

dewasa umum

Abstraksi

Perpustakaan menjadi bukan hanya merupakan keharusan tetapi perlu dikembangkan baik sumber daya maupun pemanfaatannya. Kenyataan di lapangan belum semua perpustakaan sekolah dimanfaatkan secara optimal oleh para siswa. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya minat siswa untuk menggunakan perpustakaan. Faktor tersebut adalah kurangnya fasilitas dan koleksi di perpustakaan, tenaga perpustakaan sekolah yang belum memadai baik jumlah dan kompetensinya serta masih dirasakannya perpustakaan sebagai tempat yang membosankan. Untuk merubah suasana perpustakaan dari yang membosankan menjadi menyenangkan perlu diadakan penataan ulang. Kendala yang dihadapi perpustakaan dalam penataan ulang adalah sumber daya, baik manusia maupun dana. Buku pedoman ini mencoba memberikan ide inovatif dalam penataan ruang dengan biaya yang relatif tidak banyak, sesuai dengan kemampuan sekolah. Pembahasan dalam buku ini terbagi dalam 8 bagian, yaitu: Pendahuluan; Langkah Awal; Prinsip Penataan Ruang; Kenyamanan Pengguna; Penataan Ruang untuk Jenjang SD; Penataan Ruang untuk Jenjang SMP dan SMA; Perabot Ruang Perpustakaan; dan Strategi Pengembangan Lanjutan.

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 343/L/2024 Ya