TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS DLINGO II BANTUL DENGAN METODE 5 DIMENSI MUTU PELAYANAN
Keterangan Bibliografi
Penulis | : EDY KRISBIANTORO, A.Md |
Pembimbing | : Harli Trisdiono MM, Dr. & Woro Esthi,M.Hum |
Penerbit | : BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BANTUL |
Kota terbit | : Bantul |
Tahun terbit | : 2022 |
No.Diklat | : |
Subyek | : Pelayanan kepada pemakai |
Klasifikasi | : 174.2 EDY t |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : Cetakan 1 |
Halaman | : 61 Halaman |
Kata Kunci | : Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, Kualitas Pelayanan |
Sumber Perolehan | : BKPSDM Bantul |
Jenis Koleksi Pustaka
E-Diklat
Kategori Pustaka
Kajian dan Karya Ilmiah
Abstraksi
Kepuasan pasien merupakan aspek kunci perawatan kesehatan dan telah ditunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara layanan kesehatan oleh petugas kesehatan dan kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di UPTD Puskesmas Dlingo II Bantul. Pada gambaran kepuasan melihat kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu berwujud ketanggapan, kehandalan,jaminan, dan empati, Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dengan metode cross sectional di instalasi pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di UPTD Puskesmas Dlingo II Bantul. pada bulan Agustus september 2022. Kepuasan pelayanan pasien rawat jalan diukur menggunakan kuesioner kepuasan terhadap pelayanan pendaftaran pasien yang telah divalidasi (α=0,907). Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Pengukuran kepuasan responden menggunakan penilaian skala likert 1-5. Hasil pengukuran yang diperoleh kemudian dihitung hasil distribusi frekuensi, prosentase, dan indeks rata-rata% menggunakan Ms. Excel 2010 untuk mendapatkan tingkat kepuasan pasien pada masing-masing dimensi. Dari penelitian ini di dapatkan hasil dari dimensi berwujud 61.00%, dimensi kehandalan 69.80% responden merasa puas, dimensi berwujud 61.00%, dimensi ketanggapan 69.80% responden merasa puas, dimensi jaminan 68.33% responden merasa puas, dan dimensi emphaty 68.04% responden merasa puas, Sehingga tingkat kepuasan pasien di instalasi pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di UPTD Puskesmas Dlingo II Bantul responden merasa puas terhadap kinerja petugas.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |