ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKANPENJUALAN PADA SENTRA REMPEYEK PELEMADUBANTUL

Keterangan Bibliografi
Penulis : GARDANA PURNAMA, S.T
Pembimbing : Legiman, M.Pd.
Penerbit : BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN BANTUL
Kota terbit : Bantul
Tahun terbit : 2022
No.Diklat :
Subyek : Manajemen pendistribusian (pemasaran)
Klasifikasi : 658.8 GAR a
Bahasa : Indonesia
Edisi : Cetakan 1
Halaman : 68 Halaman
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Rempeyek Pelemadu Bantul, SWOT, QSPM, Penjualan
Sumber Perolehan : BKPSDM Bantul
Jenis Koleksi Pustaka

E-Diklat

Kategori Pustaka

Kajian dan Karya Ilmiah

Abstraksi

Perkembangan ekonomi di Kabupaten Bantul pada sektor perindustrianpaling banyak adalah industri mikro kecil. Pandemi covid-19 telah meluluhlantakkan tidak hanya sektor kesehatan, tetapi juga sektor perekonomian. Industri mikro kecil yang terkena dampak covid-19 adalah Sentra Rempeyek PelemaduBantul, dimana pada tahun 2019 produksi rempeyek yang dihasilkan mencapai 4ton per hari dengan 50 unit usaha dengan rata-rata 6 kali produksi dalamseminggu. Saat ini jumlah pelaku industri mikro kecil di Sentra Rempeyek Pelemadu Bantul tinggal 27 unit usaha saja dan hanya berproduksi rata-rata 2 kali dalamseminggukarena terbatasnya pesanan yang diterima. Dalam penelitian ini memiliki tujuanuntuk memperoleh pengetahuan tentang strategi yang tepat untuk memasarkanproduk sehingga dapat meningkatkan penjualan pada sentra rempeyek PelemaduBantul. Strategi pemasaran merupakan perencanaan dalam menentukan pasar, menentukan target dengan cara menganalisis kondisi dan peluang cepat sekali berubah.Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan sifat kualitatif deskriptif, dimana dalam penelitian ini berfokus pada strategi pemasasaran yang ada di sentrarempeyek Pelemadu Bantul. Teknik pegumpulan data pada penelitianini menggunakan teknik wawancara dengan informan bersumber dari pelaku industri mikro kecil di sentra rempeyek Pelemadu Bantul, hasil wawancara tersebut digunakan untuk melakukan analisa terhadap faktor yang bersumber dari dalamorganisasi (IFE) dan faktor yang bersumber dari luar organisasi (EFE), berdasar nilai IFE dan nilai EFE maka diperoleh matrik IE, kemudian dilakukan analisisSWOT dengan matrik SWOT. Strategi yang diperoleh melalui matrik SWOTuntuk menentukan strategi yang dominan maka dillakukan dengan MatrikQuantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Berdasar hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi yang dominanberdasar analisis menggunakan matrik QSPM adalah meningkatkan areapemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan nilai 5,32. Hal tersebut sesuai dengan teori strategi pemasaran dengan jenis strategi EarnedMedia (pemasaran yang menggunakan media, yaitu memperkuat media sosial) dan strategi Internet Marketing (yaitu pemasaran dengan menggunakan mediainternet).

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada