Pengembangan model dukungan psikologis awal bagi pendidikan anak dan remaja
Keterangan Bibliografi
Pengarang | : Wahyu Cahyono |
Pengarang 2 | : |
Kontributor | : Dian Caesaria Widyasari; Indra Nurpatria |
Penerbit | : Direktorat Pembinaan dan Pendidikan Keluarga, Kemendikbud. |
Kota terbit | : Jakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
ISBN | : 978-602-427-251-7 |
Subyek | : Dukungan Psikologis Awal - Anak dan Remaja - Psikologi Remaja |
Klasifikasi | : 155.53 Wah p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : cet. 2 |
Halaman | : 136 hlm.: ilus.. |
Jenis Koleksi Pustaka
E-Book
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Ketika anak memasuki masa remaja, kesehatan mental perlu mendapat perhatian ekstra karena banyaknya perubahan yang terjadi dalam waktu yang sangat cepat seperti pergaulan yang lebih luas, tuntutan lingkungan yang semakin beragam, dan mulai berfungsinya organ-organ reproduksi. Karena berbagai perubahan ini, banyak remaja yang kemudian mempunyai perilaku berisiko. Pengembangan model DPA ini secara umum dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah dan menangani perilaku berisiko yang terjadi karena masalah atau situasi sulit yang dihadapi anak. Pembahasan lengkap dalam buku ini terbagi dalam 5 bagian, yaitu Pendahuluan, Lingkungan psikososial anak dan remaja (relasi anak dengan keluarga, mengenal masalah psikososial anak dan remaja, dinamika relasi anak dan remaja dengan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat, proses pemulihan), Dukungan psikologis awal (Apa itu DPA, langkah-langkah memberikan DPA, mendengar aktif, relaksasi, identifikasi dini), Pelaksanaan DPA di satuan pendidikan, dan Penutup.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 2018/L/2021 | Ya |