Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa
Keterangan Bibliografi
Pengarang | : Sri Wahyuningsih, [et.al.] |
Pengarang 2 | : |
Kontributor | : |
Penerbit | : Ditjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI |
Kota terbit | : Jakarta |
Tahun terbit | : 2016 |
ISBN | : 978-602-1389-20-1 |
Subyek | : Literasi Sekolah - SLB |
Klasifikasi | : 379.24 Sri p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : Cet.1 |
Halaman | : 58 hlm.: ilus. |
Jenis Koleksi Pustaka
E-Book
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah “kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. Guru memiliki peran penting dalam memotivasi peserta didik untuk belajar, sehingga dalam melaksanakan pembelajaran, guru harus menggunakan pendekatan yang komprehensif serta progresif agar guru bisa memotivasi rasa ingin tahu peserta didik dan memicu mereka untuk berpikir kritis. Dalam pengembangan pembelajaran ini, guru harus mampu memilih dan memanfaatkan bahan ajar yang ada secermat mungkin. Guru harus mendorong peserta didik untuk membaca buku-buku yang berkualitas, karena membaca sejalan dengan proses berpikir kritis yang memungkinkan peserta didik untuk menjadi kreatif dan berdaya cipta. Atas kondisi itulah, dibutuhkan suatu terobosan serius dan strategi yang kreatif dalam memberikan pelayanan pendidikan literasi yang berkualitas. Untuk menyelaraskan pemahaman tentang literasi, kita membutuhkan sebuah petunjuk teknis yang dapat menjadi rujukan pelaksanaan kegiatan literasi di SLB. Panduan GLS untuk SLB terbagi dalam 4 bab, yaitu: Pendahuluan, Strategi Pelaksanaan di SLB, Implementasi gerakan literasi di SLB dan Penutup.
Inventaris
# | Inventaris | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 9055/P1/2020.c1 | Ya | |
2 | 9056/P1/2020.c2 | Ya | |
3 | 9057/P1/2020.c3 | Ya | |
4 | 9058/P1/2020.c4 | Ya | |
5 | 9059/P1/2020.c5 | Ya | |
6 | 9060/P1/2020.c6 | Ya |