PANDUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Keterangan Bibliografi
Pengarang : Dewi Utama Faizah, [et.al.]
Pengarang 2 :
Kontributor :
Penerbit : Ditjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Kota terbit : Jakarta
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978-602-1389-16-4
Subyek : Literasi Sekolah - Desain Induk
Klasifikasi : 379.24 Dew p
Bahasa : Indonesia
Edisi : Cet.1
Halaman : 104 hlm.: ilus.
Jenis Koleksi Pustaka

E-Book

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Gerakan Literasi Sekolah yang digagas dan dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan kepedulian atas rendahnya kompetensi peserta didik Indonesia dalam bidang matematika, sains, dan membaca. Melalui penguatan kompetensi literasi, terutama literasi dasar, peserta didik diharapkan dapat memanfaatkan akses lebih luas pada pengetahuan agar rendahnya peringkat kompetensi tersebut dapat diperbaiki. Kompetensi literasi dasar (menyimak-berbicara, membaca-menulis, berhitung- memperhitungkan, dan mengamati-menggambar) sudah selayaknya ditanamkan sejak pendidikan dasar, lalu dilanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan untuk mengakses informasi dan pengetahuan. Selain itu, peserta didik mampu membedakan informasi yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Hal itu karena literasi mengarahkan seseorang pada kemampuan memahami pesan yang diwujudkan dalam berbagai bentuk teks (lisan, tulis, visual). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, salah satunya, mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama lima belas menit sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan tersebut adalah upaya menumbuhkan kecintaan membaca kepada peserta didik dan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus merangsang imajinasi.Panduan ini merupakan rujukan bagi pemangku kepentingan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan literasi yang terintegrasi dan efektif. Buku panduanini terbagi dalam 6 tahap, yaitu: Pendahuluan, Tahapan gerakan literasi sekolah di SD, Pelaksanaan GLS pada tahap pembiasaan, Pelaksanaan GLS pada tahap pengembangan, Pelaksanaan GLS pada tahap pembelajaran serta penutup.

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 9049/P1/2020.c1 Ya
2 9050/P1/2020.c2 Ya
3 9051/P1/2020.c3 Ya
4 9052/P1/2020.c4 Ya
5 9053/P1/2020.c5 Ya
6 9054/P1/2020.c6 Ya