Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah

Keterangan Bibliografi
Pengarang : Pangesti Wiedarti, [et.al.]
Pengarang 2 :
Kontributor :
Penerbit : Ditjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Kota terbit : Jakarta
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978-602-1389-15-7
Subyek : Literasi Sekolah - Desain Induk
Klasifikasi : 379.24 Pan d
Bahasa : Indonesia
Edisi : Cet.1
Halaman : 76 hlm.: ilus.
Jenis Koleksi Pustaka

E-Book

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Untuk mengembangkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS adalah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah “kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. Desain Induk ini disusun guna memberi arahan strategis bagi kegiatan literasi di lingkungan satuan pendidikan dasar dan menengah. Pelaksanaan GLS akan melibatkan unit kerja terkait di Kemendikbud dan juga pihak-pihak lain yang peduli terhadap pentingnya literasi. Kerja sama semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan sangat diperlukan untuk melaksanakan gerakan bersama yang terintegrasi dan efektif. Terbagi menjadi 5 bab, yaitu: Pendahuluan, Konsep Dasar, Pelaksanaan Literasi di sekolah, Monitoring dan evaluasi serta Penutup.

Inventaris
# Inventaris Dapat dipinjam Status Ada
1 9043/P1/2020.c1 Ya
2 9044/P1/2020.c2 Ya
3 9045/P1/2020.c3 Ya
4 9046/P1/2020.c4 Ya
5 9047/P1/2020.c5 Ya
6 9048/P1/2020.c6 Ya