Hubungan antara keaktifan dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Pandak tahun pelajaran 2015/2016
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Arif Endarwanto |
Dosen Pembimbing | : Dra. H. Hidayati, M.Pd; Tias Ernawati, M.Sc. |
Penerbit | : Prodi IPA FKIP Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2016 |
No Mhs | : |
Subyek | : motivasi belajar - hasil belajar IPA |
Klasifikasi | : 370.154 Ari h |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xv138 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengetahui secara korelatif hubungan dan kecenderungan keaktifan, motivasi belajar, dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Pandak tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil ddengan proporsional random sampling. Pengumpulan data keaktifan siswa dan motivasi belajar dengan metode angket dan hasil belajar IPA dengan metode tes. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas sebaran dengan rumus chi kuadrat dan uji linieritas hubungan dengan uji F. analisis data secara korelatif menggunakan analisis regresi ganda dua predictor dilanjutkan dengan korelasi parsial. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan kecenderungan keaktifan belajar sangat tinggi dan motivasi belajar sedang, kecenderungan hasil belajar IPA tinggi. Secara korelatif ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara keaftifan dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Pandak tahun 2015/2016 baik secara bersama-sama maupun secara mandiri. Nilai koefisien determinasi R2=0,985. Sumbangan efektif kedua predictor sebesar 98,49%, masing-masing berasal dari keaktifan sebesar 31,56% dan motivasi belajar 66,93%. Kata kunci: keaktifan, motivasi, hasil belajar IPA.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1204/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |