Pengaruh pembelajaran tipe group investigation terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2015/2016

Keterangan Bibliografi
Penulis : Diana Fahmi
Dosen Pembimbing : Dra. Hj. Hidayati, M.Pd.; Puji Hariati W., M.Si.
Penerbit : Profi Pend. Fisika FKIP Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2016
No Mhs :
Subyek : pembelajaran kooperatif - tipe group investigation
Klasifikasi : 371.36 Dia p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xvi, 131 hln.: ilus.; 29 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui komparasi dan kecenderungan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Sedayu semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group inbestigation dan model konvensional. Sampel diambil dengan random sampling (secara diundi) kelas XMIPA4 sebanyak 32 siswa (kelompok control) dan 32 siswa kelas XIPA3 (kelompok eksperimen). Pengumpulan data dengan dokumentasi, dan tes dengan pokok bahasan suhu dan kalor. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan prestasi belajar fisika siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe group investigation termasuk dalam kategori sangat tinggi, yang diajar secara konvensional termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji t diperoleh thitung=3,173 dan p=0,003. Karena p<0,01 maka secara komparatif ada perbedaan yang sangat signifikan dari kedua model pembelajaran. Rerata prestasi belajar fisika tipe Group investigation lebih tinggi dari model konvensional. Kesimpulan: ada pengaruh pembelajaran tipe Group investigation terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X semester genap SMAN 1 Sedayu tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Group investigation, konvensional, prestasi belajar fisika.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1202/H1/2020 Kantor Pusat Tidak