Pengaruh pembelajaran tipe group investigation terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2015/2016
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Diana Fahmi |
Dosen Pembimbing | : Dra. Hj. Hidayati, M.Pd.; Puji Hariati W., M.Si. |
Penerbit | : Profi Pend. Fisika FKIP Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2016 |
No Mhs | : |
Subyek | : pembelajaran kooperatif - tipe group investigation |
Klasifikasi | : 371.36 Dia p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xvi, 131 hln.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui komparasi dan kecenderungan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Sedayu semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group inbestigation dan model konvensional. Sampel diambil dengan random sampling (secara diundi) kelas XMIPA4 sebanyak 32 siswa (kelompok control) dan 32 siswa kelas XIPA3 (kelompok eksperimen). Pengumpulan data dengan dokumentasi, dan tes dengan pokok bahasan suhu dan kalor. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan prestasi belajar fisika siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe group investigation termasuk dalam kategori sangat tinggi, yang diajar secara konvensional termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji t diperoleh thitung=3,173 dan p=0,003. Karena p<0,01 maka secara komparatif ada perbedaan yang sangat signifikan dari kedua model pembelajaran. Rerata prestasi belajar fisika tipe Group investigation lebih tinggi dari model konvensional. Kesimpulan: ada pengaruh pembelajaran tipe Group investigation terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X semester genap SMAN 1 Sedayu tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Group investigation, konvensional, prestasi belajar fisika.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1202/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |