Pengembangan Alat Peraga IPA Sederhana Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Imogiri

Keterangan Bibliografi
Penulis : Desi Eka Nur Setyaningsih
Dosen Pembimbing : Dra. Hj. Hidayati, M.Pd
Penerbit : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2017
No Mhs :
Subyek : Metode mengajar dan belajar
Klasifikasi : 371.36 Des P
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xv.; 250 hlm.; tabel.; 30 cm
Keyword :
Status referensi : Buku Referensi
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Desi Eka Nur Setyaningsih. Pengembangan Alat Peraga IPA Sederhana Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Imogiri. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2017. Subyek: Metode mengajar dan belajar. Klasifikasi: 371.36 Des P. Skripsi

Penelitian ini termask penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model fou D (4D) yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Dessiminate (Penyebaran). Alat Peraga sederhana dilengkapi instrumen pendukung seoerti buku petunjuk penggunaan alat peraga, evaluasi kemampuan berpikir kritis (pretest dan posttest) dan lembar angket yang mencakup beberapa aspek penilaian. Kualitas alat peraga IPA sederhana dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru dan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan alat peraga IPA sederhana berbasis Guided Inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sebanyak 0,54 dengan kriteria sedang. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata pretest dan posttest rata-rata siswa dari 5,29 menjadi 7,9.

Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1293/H1/2020 Kantor Pusat Tidak