Peningkatan minat dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas VII SMP N 1 Banguntapan tahun ajaran 2016/2017

Keterangan Bibliografi
Penulis : Devi Kurniasih
Dosen Pembimbing : Dra. Hj. Hidayati, M.Pd.; Septi Ambarwati, M.Pd.Si.
Penerbit : Prodi Pend. IPA FKIP UST Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2017
No Mhs :
Subyek : pembelajaran kooperatif - tipe TPS
Klasifikasi : 371.36 Dev p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xv, 199 hlm.: ilus.; 29,5 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 1 Banguntapan. Penelitian tindakan kelas ini subyek penelitiannya sebanyak 28 siswa. Obyek penelitian adalah minat, hasil belajar dan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Pengumpulan data dengan teknik observasi, angket dan tes. Uji validitas butir soal dengan rumus kolerasi product moment, uji reliabitltas instrument dengan rumus KR-20. Teknik analisis data dengan kualitatif dan kuantitatif. Analisa data minat dengan menghitung persentase peningkatan minat setiap siklus. Analisa data hasil belajar IPA dengan menghitung rata-rata peningkatan hasil belajar setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran melalui model pembelajaran TPS, minat dan hasil belajar IPA mengalami peningkatan 14,82%. Ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase minat siswa berdasarkan angket tiap siklus (Siklus I dan II) yaitu 73,43% menjadi 79,82%. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi para persentase ketuntasan (dari 35,71% atau 10 siswa menjadi 60,71% atau 17 siswa dan hasil akhir menjadi 100% dengan nilai rata-rata 84,46. Hal tersebut menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA kelas VII SMP N 1 Banguntapan.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1058/H1/2020 Kantor Pusat Tidak