Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran means ends analysis peserta didik kelas VIII C SMP N 1 Pandak
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Bektu Yuaningsih |
Dosen Pembimbing | : Siska Candra Ningsih, M.Sc. |
Penerbit | : Prodi Pend. Matematika FKIP Univ. PGRI Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Metode pembelajaran - tipe Means ends analysis |
Klasifikasi | : 371.36 Bek u |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xx, 301 hlm.: ilus.; 29,5 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran means ends analysis peserta didik kelas VIII C SMP N 1 Pandak materi mean, median dan modus. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan tahun pelajaran 2017/2018 dengan subyek penelitian guru matematika dan peserta didik kelas VIII C yang berjumlah 28 peserta didik. Obyek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran means ends analysis peserta didik kelas VIII C telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kemampuan memahami masalah 81,25 (sangat tinggi), merencanakan penyelesaian masalah 93,76 (sangat tinggi), melaksanakan rencana penyelesaian masalah 95,54 (sangat tinggi), dan menafsirkan hasil dengan membuat kesimpulan jawaban 91,96 (criteria sangat tinggi), keterlaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru dengan model means ends analysis 94,25% (sangat baik). Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah mampu menyelesaikan masalah dengan tingkat kesulitan tinggi. Jadi model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah perserta didik kelas VIII C SMP N 1 Pandak. Kata kunci: Means Ends Analysis (MEA), kemampuan pemecahan masalah.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1057/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |