Efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan model eliciting activities (MEAs) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018

Keterangan Bibliografi
Penulis : Anita Rahayuningsih
Dosen Pembimbing : Uswatun Khasanah, M.Sc.
Penerbit : Prodi Pend. Matematika FKIP Univ. PGRI Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
No Mhs :
Subyek : Pembelajaran kooperatif - tipe MEAs
Klasifikasi : 371.36 Ani e
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xx, 261 hlm.: ilus.; 29,5 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan MEAs dan pendekatan saintifik pada siswa SMP N 1 Imogiri Kabupaten Bantul kelas VII semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 7 kelas (kelas A-G) berjumlah 219 siswa. Sampel diambil 2 kelas menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas control. Teknik analisis data untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan rumus chi kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji F dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan=62 menunjukkan tidak ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan MEAs dan pendekatan saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan |nilai thitung|=0,40 dan t0,025;62=1,998, akibat |thitung|< t0,025;62 sehingga Ho diterima. Karena pada kasus ini tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas eksperimen dan kelas control maka pendekatan MEAs tidak efektif. Kata kunci: efektivitas, model eliciting activities (MEAs), pendekatan saintifik, hasil belajar.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1056/H1/2020 Kantor Pusat Tidak