Efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan model eliciting activities (MEAs) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Anita Rahayuningsih |
Dosen Pembimbing | : Uswatun Khasanah, M.Sc. |
Penerbit | : Prodi Pend. Matematika FKIP Univ. PGRI Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Pembelajaran kooperatif - tipe MEAs |
Klasifikasi | : 371.36 Ani e |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xx, 261 hlm.: ilus.; 29,5 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan MEAs dan pendekatan saintifik pada siswa SMP N 1 Imogiri Kabupaten Bantul kelas VII semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 7 kelas (kelas A-G) berjumlah 219 siswa. Sampel diambil 2 kelas menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas control. Teknik analisis data untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan rumus chi kuadrat, uji homogenitas dengan rumus uji F dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan=62 menunjukkan tidak ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan MEAs dan pendekatan saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan |nilai thitung|=0,40 dan t0,025;62=1,998, akibat |thitung|< t0,025;62 sehingga Ho diterima. Karena pada kasus ini tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas eksperimen dan kelas control maka pendekatan MEAs tidak efektif. Kata kunci: efektivitas, model eliciting activities (MEAs), pendekatan saintifik, hasil belajar.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1056/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |