Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share(TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 3 Imogiri
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Endar Alviyunita |
Dosen Pembimbing | : Dra. Kristina Warniasih, M.Pd. |
Penerbit | : Prodi Pend. Matematika FKIP Univ. PGRI Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
No Mhs | : |
Subyek | : Pembelajaran Kooperatif - tipe TPS |
Klasifikasi | : 371.36 End e |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xix,325 hlm.: ilus.; 29,5 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 3 Imogoliri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan disain penelitian the nonequivalent post-test-only control group design dengan populasinya semua peserta didik kelas VII. Sampel kelas eksperimen kelas VII B, sampel kelas control kelas VII C. Instrumen meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dengan Uji Gain dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata komunikasi matematis kelas VII B berada dalam kategori sangat tinggi (89,73). Kelas control VII C dengan metode ceramah berada di kategori sangat tinggi (81,40). Perhitungan dengan uji gain menyatakan kedua metode efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi segi empat dengan perolehan hasil uji t thitung=4,545 dan ttabel=1,677 dan uji signifikan dengan taraf signifikansi 5% yang berarti nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan model think pair share lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan metode ceramah. Dengan demikian metode think pair share efektif digunakan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif think pair share, kemampuan komunikasi matematis.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1053/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |