Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Mataram Kasihan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT)

Keterangan Bibliografi
Penulis : Veti Restu Wulandari
Dosen Pembimbing : Niken Wahyu Utami, M.Pd.
Penerbit : Prodi Pend. Matematika FKIP Univ. PGRI Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2016
No Mhs :
Subyek : Pembelajaran kooperatif - NHT
Klasifikasi : 371.36 Vet u
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xvi, 235 hlm.: ilus.; 29,5 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Mataram Kasihan tahun ajaran 2015/2016 pada materig radien dan sistem persamaan linier dua variable dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Penelitian dilaksanakan tanggal 19 – 27 November 2015 ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru mapel matematika dan siswa kelas VIII A semester 1. Obyek penelitian adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif NHT dengan materi gradient dan sistem persamaan linier dua variable. Penelitian dilaksanakan dalam sikulus 1 (3 pertemuan) dan siklus 2 (2 pertemuan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data: penyajian data, analisis data hasil observasi, analisis butir soal, analisis data angket motivasi. Penelitian dilakukan dengan tingkat keterlaksanaan 64,29% (siklus 1) dan 87,71% (siklus 2). Kesimpulannya: (1) upaya pembentukan kelompok belajar dan penomoran setiap anggota kelompok menuntuk siswa berperan aktif selama pembelajaran. Hal tersebut mampu meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar matematika. Rata-rata motivasi siswa siklus 1 adalah 74,94% (baik) dan siklus 2 menjadi 82,75% (baik sekali); (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa, siklus 1 rata-rata hasil belajar 52%, dan siklus 2 menjadi 84%. Kata kunci: motivasi, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1052/H1/2020 Kantor Pusat Tidak