Efektivitas media pembelajaran busy book terhadap kemampuan motorik halus anak dengan hambatan majemuk kelas X di SLB Negeri 1 Bantul

Keterangan Bibliografi
Penulis : Trisna Yulianto
Dosen Pembimbing : Dr. Sari Rudiyati, M.Pd.
Penerbit : Prodi Pend. Luar Biasa FIP UNY
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 018
No Mhs :
Subyek : Media Pembelajaran - Busy Book - Motorik Halus
Klasifikasi : 371.36 Tri e
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xvi,196 hlm.: ilus.; 29,5 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas media pembelajaran busy book terhadap kemampuan motorik halus anak dengan hambatan majemuk kelas X di SLB N 1 Bantul. Penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen single subject research (SSR) dengan desain ABA. Fase baseline-1 (A1)= 4 kali pertemuan, fase intervensi (B)= 6 kali pertemuan; fase baseline-2 (A2)= 4 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah seorang anak dengan hambatan majemuk dan gangguan motorik halus kelas X. Pengumpulan data dengan tes kemampuan motorik halus. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan teknik analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran busy book efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan hambatan majemuk kelas X di SLB N 1 Bantul. Terbukti dari adanya peningkatan perolehan mean level pada fase baseline-1, fase intervensi dan mfase baseline-2 berturut-turut 20, 36, dan 54. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan +35 pada kemampuan motorik halus antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan menggunakan media busy book. Persentase data overlap antar kondisi 0% yang berarti bahwa media pembelajaran busy book efektif digunakan untuk memingkatkan kemampuan mototik halus anak dengan hambatan majemuk. Kata kunci: media pembelajaran busy book, kemampuan motorik halus, anak dengan hambatan majemuk.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1051/H1/2020 Kantor Pusat Tidak