Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Banguntapan Yogyakarta
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Maria Magdalena Kerokong |
Dosen Pembimbing | : Dra. Hj. Esti Harini, M.Si.; Denik Agustito, S.Si., M.Sc. |
Penerbit | : Prodi Pend. Matematika FKIP Univ.Sarjanawiyata Tamansiswa |
Kota terbit | : Yogyakartaaaaa |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Pembelajaran kooperatif - TSTS |
Klasifikasi | : 3371.36 Mar u |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xviii,188 hlm.: ilus.; 29,5 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) siswa kelas VII SMP N 5 Banguntapan Yogyakarta. PTK dengan subyek siswa kelas VII B sebanyak 30 siswa. Obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran TSTS. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tek dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, keaktifan dan hasil belajar matematika siswa meningkat dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 2. Rata-rata pencapaian indikator keaktifan pra tindakan 33,33% meningkat pada siklus 2 menjadi 55,83% dan pada siklus 2 menjadu 77,29%. Hasil belajar matematika (rata-rata nilai dan ketuntasan belajar) pada pra tindakan 60,2, siklus 1 menjadi 71,1765 dan siklus 2 menjadi 75,741. KKP pada para tindakan 36,67 (11 siswa0; siklus 1menjadi 56,67 (17 siswa) dan siklus 2 mencapai 70% (21 siswa). Disarankan agar guru dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran tipe TSTS sebagai salah satu alternative agar keaktifan dan hasil belajar matematika siswa meningkat. Kata kunci: keaktifan, hasil belajar matematika, TSTS.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1050/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |