Pengembangan media pembelajaran peta timbul berbahan barang bekas untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Robi |
Dosen Pembimbing | : Dhiniaty Gularso, S.Si, M.Pd. |
Penerbit | : Prodi PGSD FKIP Univ. PGRI Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2016 |
No Mhs | : |
Subyek | : Media Pembelajaran - Peta Timbul |
Klasifikasi | : 371.335 Rob p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xvi, 219 hlm.: ilus.; 29,5 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, bagaimana pengembangan dan kualitas media pembelajaran peta timbul berbahan bekas pada mata pelajaran IPS kelas V SD ditinjau dari aspek validitas, mendeskripsikan respon guru dan siswa, mengetahui daya tarik dan peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SD Muh. Pulokadang, Jetis dengan subyek siswa kelas V sebanyak 21 siswa. Penelitian pengembangan research and development ini mengacu model pengembangan Sugiyono dengan tahap penelitian meliputi mengidentifikasi potensi masalah, pengumpulan data, mendisain produk, valisadi pakar/ahli, revisi, uji coba produk terbatas, revisi, uji coba pemakaian, revsi dan produk akhir. Teknik pengumpulan data: pedoman wawancara, angket, unjuk kerja, dokumentasi. Teknik analisis data dengan perhitungan prosentase dan rata-rata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) kualitas produk dari ahli media dan ahli materi = sangat baik (skor rata-rata 4,28 yang berada di interval x>4.20, (2)respon guru dan siswa sangat baik (skor rata-rata 4,36; (3) daya tarik media baik (11pertanyaan yang diajukan sebagian besar guru setuju dan sesuai digunakan); (4) terdapat peningkatan prestasi belajar setelah menggunakan media pembelajaran peta timbul (ketuntasan belajar 52,38% menjadi 76,19%). Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran peta timbul berbahan narang bekas layak digunakan dalam proses kegiatan belajar. Kata kunci: pengembangan media, media peta timbul, ketuntasan belajar.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1049/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |