Pengembangan media pembelajaran peta timbul berbahan barang bekas untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD

Keterangan Bibliografi
Penulis : Robi
Dosen Pembimbing : Dhiniaty Gularso, S.Si, M.Pd.
Penerbit : Prodi PGSD FKIP Univ. PGRI Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2016
No Mhs :
Subyek : Media Pembelajaran - Peta Timbul
Klasifikasi : 371.335 Rob p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xvi, 219 hlm.: ilus.; 29,5 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, bagaimana pengembangan dan kualitas media pembelajaran peta timbul berbahan bekas pada mata pelajaran IPS kelas V SD ditinjau dari aspek validitas, mendeskripsikan respon guru dan siswa, mengetahui daya tarik dan peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SD Muh. Pulokadang, Jetis dengan subyek siswa kelas V sebanyak 21 siswa. Penelitian pengembangan research and development ini mengacu model pengembangan Sugiyono dengan tahap penelitian meliputi mengidentifikasi potensi masalah, pengumpulan data, mendisain produk, valisadi pakar/ahli, revisi, uji coba produk terbatas, revisi, uji coba pemakaian, revsi dan produk akhir. Teknik pengumpulan data: pedoman wawancara, angket, unjuk kerja, dokumentasi. Teknik analisis data dengan perhitungan prosentase dan rata-rata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) kualitas produk dari ahli media dan ahli materi = sangat baik (skor rata-rata 4,28 yang berada di interval x>4.20, (2)respon guru dan siswa sangat baik (skor rata-rata 4,36; (3) daya tarik media baik (11pertanyaan yang diajukan sebagian besar guru setuju dan sesuai digunakan); (4) terdapat peningkatan prestasi belajar setelah menggunakan media pembelajaran peta timbul (ketuntasan belajar 52,38% menjadi 76,19%). Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran peta timbul berbahan narang bekas layak digunakan dalam proses kegiatan belajar. Kata kunci: pengembangan media, media peta timbul, ketuntasan belajar.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1049/H1/2020 Kantor Pusat Tidak