Efektivitas penggunaan media film terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SD Negeri 1 Panjangrejo Pundong Bantul tahun ajaran 2017/2018
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Fitri Maryatun |
Dosen Pembimbing | : Selly Rahmawati, M.Pd. |
Penerbit | : Prodi PGSD FKIP Univ. PGRI Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Media Pembelajaran - Film |
Klasifikasi | : 371.335 Fit e |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xv, 243 hlm.: ilus.; 29,5 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media film yang ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn. Penelitian kuantitatid dengan metode quasi experimental design ini populasinya seluruh siswa kelas III SD N 1 Panjangrejo. Sample 20 siswa kelas IIIA dan 23 siswa kelas IIIB. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan metode statistis parametric uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar PKn siswa dengan menggunakan media film. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata uji hipotesis (uji t) 12.267 > t table =2.020 dengan nilai sig 0,000 sehingga lebih kecil pada tingkat alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 berarti Ho ditolak dan H1 diterima. (2) Media film lebih efektif meningkatkan prestasi belajar PKn yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata post test kelas eksperimen (84.17) lebih tinggi dari nilai post test kelas control (68.10). Dengan demikian, media film efektif terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas III. Kata kunci: media film, prestasi belajar, pendidikan kewarganegaraan.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1048/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |