Peranan Bimbingan dan Konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP PGRI Kasihan tahun pelajaran 2016/2017
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Tri Rahayu Ningsih |
Dosen Pembimbing | : Dr. H. Sukadari, SE., SH., MM. |
Penerbit | : Prodi BK FKIP Univ. PGRI Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
No Mhs | : |
Subyek | : Bimbingan dan Konseling - ABK |
Klasifikasi | : 371.46 Tri p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xvii,126 hlm.: ilus.; 29,5 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, kontribusi, factor penghambat dan pendukung, serta untuk mengetahui solusi pemecahan masalah yang dilakukan apabila terjadi hambatan dalam pelaksanaan layanan BK bagi ABK di SMP PGRI Kasihan. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Daya yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BK bagi ABK di SMP PGRI Kasihan meliputi layanan orientasi, informasi, bimbingan kelompok, dan konseling individu. Kontribusi layanan BK bagi ABK sangat bermanfaat, memiliki kontribusi yang baik dan positif bagi perkembangan diri ABK. Faktor pendukung pelaksanaan layanan yaitu adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru mata pelajaran, siswa normal dan orangtua siswa ABK. Faktor penghambar yaitu orang tua yang kurang perhatian terhadap anaknya serta adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai. Solusi pemecahan masalah yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu melakukan pertemuan dengan orang tua siswa untuk memberikan pengarahan dan berkaitan dengan sarana dan prasana yang kurang memadai, guru BK lebih memilih menyerahkan hal tersebut kepada pihak sekolah. Kata kunci: layanan bimbingan dan konseling, ABK.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1046/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |