Peranan Bimbingan dan Konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP PGRI Kasihan tahun pelajaran 2016/2017

Keterangan Bibliografi
Penulis : Tri Rahayu Ningsih
Dosen Pembimbing : Dr. H. Sukadari, SE., SH., MM.
Penerbit : Prodi BK FKIP Univ. PGRI Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2017
No Mhs :
Subyek : Bimbingan dan Konseling - ABK
Klasifikasi : 371.46 Tri p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xvii,126 hlm.: ilus.; 29,5 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, kontribusi, factor penghambat dan pendukung, serta untuk mengetahui solusi pemecahan masalah yang dilakukan apabila terjadi hambatan dalam pelaksanaan layanan BK bagi ABK di SMP PGRI Kasihan. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Daya yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BK bagi ABK di SMP PGRI Kasihan meliputi layanan orientasi, informasi, bimbingan kelompok, dan konseling individu. Kontribusi layanan BK bagi ABK sangat bermanfaat, memiliki kontribusi yang baik dan positif bagi perkembangan diri ABK. Faktor pendukung pelaksanaan layanan yaitu adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru mata pelajaran, siswa normal dan orangtua siswa ABK. Faktor penghambar yaitu orang tua yang kurang perhatian terhadap anaknya serta adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai. Solusi pemecahan masalah yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu melakukan pertemuan dengan orang tua siswa untuk memberikan pengarahan dan berkaitan dengan sarana dan prasana yang kurang memadai, guru BK lebih memilih menyerahkan hal tersebut kepada pihak sekolah. Kata kunci: layanan bimbingan dan konseling, ABK.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 1046/H1/2020 Kantor Pusat Tidak