Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada anak kelompok B TK PKK Combongan Jambidan Banguntapan Bantul
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Fitri Uswatun Khasanah |
Dosen Pembimbing | : Sungkono, M.Pd.; Nelva Rolina, M.Si. |
Penerbit | : Prodi PGPAUD FIP UNY |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
No Mhs | : |
Subyek | : kemampuan kerjasama - Metode pembelajaran kooperatif |
Klasifikasi | : 371.395 Fit p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xv, 149 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Kemampuan kerjasama anak kelompok B TK PKK Combongan berkembang belum maksimal. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat individual. Berdasarkan pengamatan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan pendidik dan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016 yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah 21 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK PKK Combongan yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Obyek penelitian adalah peningkatan kerjasama anak melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode pengumpulan data dengan observasi. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada anak kelompok B TK PKK Combongan dalam dua siklus. Peningkatan persentase kemampuan kerjasama pada indicator bergabung dengan kelompok pada pra tindakan 38,09% meningkat menjadi 85,71% pada akhir siklus. Pada indicator tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas pada pra tindakan 23,80% meningkat menjadi 90,47% pada akhir siklus. Pada indicator tolong menolong pada pra tindakan 28,57% meningkat menjadi 76,19% pada akhir siklus. Pada indicator mau berbagi pada pra tindakan 33,33% meningkat menjadi 90,47% pada akhir siklus.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 485/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |