Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V di SD Negeri Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta

Keterangan Bibliografi
Penulis : Siska Cahya Octaviani
Dosen Pembimbing : Dra. C. Indah Nartani, M.Pd.; Kristi Wardani, M.Pd.
Penerbit : Prodi PGSD FKIP Uni. Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2019
No Mhs :
Subyek : Pembelajaran tematik - Pendidikan Karakter
Klasifikasi : 372.0114 Sis i
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xv, 192 hlm.: ilus.; 29 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai yang dikembangkan dan hambatan yang dialamiguru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik pada siswa kelas V di SD Negeri Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian: kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementsi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Negeri Potorono sudah cukup baik. Upaya yang dilakukan untuk persiapan yaitu dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan berdoa sebelum dan setelah pembelajaran, tadarus, sholat dhuhur berjamaah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu nasional, membaca setiap pagi, pembelajaran kelompok dan individu. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dlam pembelajaran tema benda-benda di sekitar kita adalah nilai religious, nasionalis, kemandirian, gotong royong, integritas, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, demokratis, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab. Hambatan yang dialami adalah siswa masih sulit untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan nilai karakter serta guru masih kurang disiplin dan belum maksimal untuk menjadi keteladanan bagi siswa.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 486/H1/2020 Kantor Pusat Tidak