Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V di SD Negeri Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Siska Cahya Octaviani |
Dosen Pembimbing | : Dra. C. Indah Nartani, M.Pd.; Kristi Wardani, M.Pd. |
Penerbit | : Prodi PGSD FKIP Uni. Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2019 |
No Mhs | : |
Subyek | : Pembelajaran tematik - Pendidikan Karakter |
Klasifikasi | : 372.0114 Sis i |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xv, 192 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai yang dikembangkan dan hambatan yang dialamiguru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik pada siswa kelas V di SD Negeri Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian: kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementsi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Negeri Potorono sudah cukup baik. Upaya yang dilakukan untuk persiapan yaitu dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan berdoa sebelum dan setelah pembelajaran, tadarus, sholat dhuhur berjamaah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu nasional, membaca setiap pagi, pembelajaran kelompok dan individu. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dlam pembelajaran tema benda-benda di sekitar kita adalah nilai religious, nasionalis, kemandirian, gotong royong, integritas, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, demokratis, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab. Hambatan yang dialami adalah siswa masih sulit untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan nilai karakter serta guru masih kurang disiplin dan belum maksimal untuk menjadi keteladanan bagi siswa.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 486/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |