Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode scramble kalimat siswa kelas II SD Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2015/2016
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Alfiahesty Choirotun Nafiah |
Dosen Pembimbing | : Aprilia Tina Lidyasari |
Penerbit | : Prodi PGSD FKIP UNY |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2016 |
No Mhs | : |
Subyek | : Kemampuan membaca pemula |
Klasifikasi | : 372.44 Alf p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xiii, 188 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode scramble kalimat siswa kelas II SD N 1 Sedayu TA 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboatid menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subyek penelitian: 21 orang siswa kelas II SDN 1 Sedayu TA 2015/2016. Obyek penelitain: kemampuan membaca permulaan menggunakan metode scramble kalimat. Metode pengumpulan data: tes, observasi dokumentasi Data analisis: analisis deskirptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode scramble kalimat dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan. Penerapan metode scramble kalimat juga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa yang meliputi aspek ketepatan membaca, kejelasan, lafal, kelancaran membaca dan keberanian. Pada pra tindakan siswa masih mengeja dan terbata-bata, pasif dalam kegiatan pembelajaran, dan malu ketika maju membaca. Pada siklus I dan II mengalami peningkatan, siswa sudah tidak mengeja perhuruf, berani maju membaca dengan bersuara keras, dan aktif menyusun kartu kata. Kemampuan membaca siklus I mengalami peningkatan sebanyak 37,38% (pra tindakan 15%, siklus I 52,38%) dengan nilai rerata kelas 64,98, persentase siswa yang mencapai rerata baru 52,38%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 28,62% (siklus I 52,3%, siklus II 82%) dengan nilai rerata kelas mencapai 77,41. Peningkatan dari tahap pra tindakan hingga siklus II sebesar
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 487/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |