Pengaruh model cooperative learning type bamboo dancing terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV di SD se-gugus 01 Banguntapan Bantul

Keterangan Bibliografi
Penulis : Ari Sutresno Dewi
Dosen Pembimbing : Heri Maria Zulfiati, M.Pd.; Dwi Wijayanti, M.Pd.
Penerbit : Prodi PGSD FKIP Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
No Mhs :
Subyek : Cooperative learning - Metode Pembelajaran
Klasifikasi : 371.36 Ari p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xv, 196 hlm.: ilus.; 29 cm
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar pada pembelajaran tematik bermuatan IPS antara kelas yang diberi model cooperative learning tipe bamboo dancing dengan kelas yang diberikan model cooperative learning tipe inside outside circle pada siswa kelas IV di SD se-gugus 01 Banguntapan Bantul. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) ini menggunakan desain penelitian pre-test post-test contro group dengan populasi 229 siswa (63 siswa SDN Sampangan, SDN Singosaren sebagai kelas eksperimen dan 59 siswa SDN Tamanan dan SDN Grojogan sebagai kelas control). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji validitas butir soal menggunakan korelasi product moment dari 30 soal diperoleh 27 saoal yang valid. Reabilitas instrument menggunakan KR-20 dengan hasil 0,829 (kategori sangat tinggi). Teknik analisis data: uji prasyarat analisis dan uji hipotesis: uji Z. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik bermuatan IPS dengan menggunakan cooperative learning tipe bamboo dancing yang diikuti 63 siswa memperoleh skor rata-rata 20,063 dengan interval 19,915-22,745 (kategori tinggi). Sedangkan yang menggunakan tipe inside outside ciecle yang diikuti 59 siswa memperoleh skor rata-rata 19,101 dengan interval 17,585-19,415 (kategori sedang). Berdasarkan hasil uji Z diperoleh Zhitung=1,785. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan Ztabel pada taraf signifikan 5%, maka diperoleh Ztabel=1,65. Jadi Zhitung=1,785 > Ztabel=1,65. Jadi, Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang positif terhadap penerapan model cooperative learning tipe bamboo dancing. Kata kunci: bamboo dancing, hasil pembelajaran, pembelajaran tematik
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 495/H1/2020 Kantor Pusat Tidak