Upaya meningkatkan keterampilan membaca teks ulasan cerpen menggunakan numbered head together (NHT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul

Keterangan Bibliografi
Penulis : Aviaty Nurhutami
Dosen Pembimbing :
Penerbit : FKIP Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
No Mhs :
Subyek : strategi kemampuan membaca
Klasifikasi : 372.47 Avi u
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xv, 229 hlm.: ilus.; 29 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa dan keterampilan membaca teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMPN 4 Banguntapan. Penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif menggunakan data dari pengamatan langsung, interaksi siswa dengan guru dan hasil wawancara. Sumber data penilaian membaca dari lembar kerja siswa dan pengamatan hasil penilaian. Instrumen: lembar observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data: statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model numbered head together dalam pembelajaran membaca teks ulasan cerpen dapat meningkatkan keaktifan siswa (pra siklus 48% (kategori kurang), siklus I 71,7% (kategori baik), siklus II 80,1% (Kategori baik)). Model Numbered head together dapat meningkatkan keterampilan membaca teks ulasan cerpen (nilai rata-rata ra siklus 52, siklus I 60, siklus II 78). Kata kunci: Model numbered head together, keaktifan, keterampilan membaca teks ulasan cerpen.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 471/H1/2020 Kantor Pusat Tidak