Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray siswa kelas VII SMP N 3 Banguntapan
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Zaenal Muttaqin Efensi |
Dosen Pembimbing | : Drs. AA. Sujadi, M.Pd.; Tri AstutiA., A.Si., M.Sc. |
Penerbit | : Prodi Matematika FKIP Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2016 |
No Mhs | : |
Subyek | : motivasi belajar - pembelajarankooperatif |
Klasifikasi | : 370.154 Zae u |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xvii,185 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) di kelas VII H SMPN 3 Banguntapan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan secara kolaboratif dengan subyek penelitian 26 siswa. Obyek penelitian: motivasi dan hasil belajar matematika yang didapat dengan metode pembelajaran TS-TS. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menghitung persentase tiap indikator, tes hasil belajar dengan menghitung nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif TS-TS, motivasi dan hasil belajar matematika mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar berdasarkan angket motivasi untuk tiap siklus (pra siklus 58,71%, siklus I 69,54%, siklus II 79,45%) Hasil belajar juga mengalami peningkatan (nilai rata-rata kemampuan awal 51,92, KKM 23,07%, siklus I 58,15 KKM 34,62%, siklus II 76,91 KKM 73,08%) Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disarankan agar guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS sebagai variasi model pembelajaran. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, Two stray-two stay (TS-TS).
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 472/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |