Efektivitas pendekatan contextual teaching and learning (CTL) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa

Keterangan Bibliografi
Penulis : Valynsa Milawati Saputri
Dosen Pembimbing : Dhian Arista Istikomah, M.Sc.
Penerbit : Profi Pend. Matematika FKIP Univ. PGRI Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
No Mhs :
Subyek : Pemahaman kondep - Metode pembelajaran
Klasifikasi : 370.155 Val e
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xvi,283 hlm.: ilus.; 29 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui tingkat efektivitas pendekatan contextual teaching and learning (CTL) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian eksperimen semu dengan disain pretest-posttest control group design, variable bebas: pendekatan CTL, variable terikat: kemamopuan pemahaman konsep matematis. Sampel penelitian: kelas VIII B dan C SMPN 4 Banguntapan tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data: uji t ddengan taraf signifikasi 0,05. Hasil uji t pada taraf signifikasi 5% menujukkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning (CTL) efektif ditunjukkan dengan thitung=10,440 > ttabel=1,703. Pembelajaran langsung efektif ditunjukkan dengan thitung=5,586>ttabel=1,706. Pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran langsung ditunjukkan dengan thitung=2,381 >ttabel=2,036. Kesimpulan: dari uji t, pendekatan CTL lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Banguntapan. Kata kunci: Pendekatan CTL, pembelajaran langsung, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 475/H1/2020 Kantor Pusat Tidak