Efektivitas pendekatan contextual teaching and learning (CTL) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Valynsa Milawati Saputri |
Dosen Pembimbing | : Dhian Arista Istikomah, M.Sc. |
Penerbit | : Profi Pend. Matematika FKIP Univ. PGRI Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Pemahaman kondep - Metode pembelajaran |
Klasifikasi | : 370.155 Val e |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xvi,283 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui tingkat efektivitas pendekatan contextual teaching and learning (CTL) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian eksperimen semu dengan disain pretest-posttest control group design, variable bebas: pendekatan CTL, variable terikat: kemamopuan pemahaman konsep matematis. Sampel penelitian: kelas VIII B dan C SMPN 4 Banguntapan tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data: uji t ddengan taraf signifikasi 0,05. Hasil uji t pada taraf signifikasi 5% menujukkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning (CTL) efektif ditunjukkan dengan thitung=10,440 > ttabel=1,703. Pembelajaran langsung efektif ditunjukkan dengan thitung=5,586>ttabel=1,706. Pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran langsung ditunjukkan dengan thitung=2,381 >ttabel=2,036. Kesimpulan: dari uji t, pendekatan CTL lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Banguntapan. Kata kunci: Pendekatan CTL, pembelajaran langsung, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 475/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |