An error analysis of writing recount text made by 11th grade student of SMA PGRI Kasihan academic year 2016/2017
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Yogi Bakti Setiawan |
Dosen Pembimbing | : Rudha Widagsa, M.A. |
Penerbit | : FKIP UNY |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
No Mhs | : |
Subyek | : Grammar - Kemampuan menulis Bahasa Inggris |
Klasifikasi | : 372.623 Yog a |
Bahasa | : English |
Edisi | : |
Halaman | : xvi,83 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membagi kesalahan-kesalahan siswa dalam menggunakan rumus simple past tense dalam tulisan teks recount, memperoleh persentase dari setiap jenis kesalahan, serta untuk mengetahui daktor terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa. Metode menggunakan metode kualitatif dengan pola studi kasus (case study). Subyek penelitian: 8 siswa kelas XI IPS. Data diperoleh melalui tes menulis teks recount dan wawancara kepada siswa dan guru maple bahasa Inggris. Hasil proses analisis kesalahan penulisan recount adalah siswa melakukan empat jenis kesalahan: omission (33,87%), addition 22,58%), miselection dan misordering (11,29%). Kesalahan misformating 32,26%. KEsalahan-kesalahan tersebut terjadi karena sebagian besar siswa mengeneralisasikan aturan (rule) rumus simple past tense dalam penulisan teks recount dan menerapkan aturan tersebut dengan tidak sesuai atau masih perlu perbaikan (intralingual transfer). Kesalahan-kesalahan siswa sebagian besar masih dipengaruhi oleh bahasa ibu dan masih berfikir jika bahasa target mempunyai aturan yang sama dengan bahasa Indonesia (interlingual transfer). Kesimpulannya bahwa penggunaan rumus simple past tense dalam penulisan teks recount masih sulit dipahami oleh siswa. Kata kunci: analisis kesalahan, jenis kesalahan, sumber kesalahan, simple past tense, text recount.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 480/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |