Implementasi pendidikan karakter peduli di Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Kabupaten Bantul

Keterangan Bibliografi
Penulis : Emiliya Meinawati
Dosen Pembimbing : Fathurrohman, M.Pd.
Penerbit : Program PGSD FIP UNY
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
No Mhs :
Subyek : Karakter Peduli - Pendidikan karakter
Klasifikasi : 372.001 4 Emi i
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xvi, 242 hlm.: ilus.; 29 cm.
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli di SD N 1 Trirenggo yang belum pernah diungkap sebelumnya. Penelitian kualitiatif deskriptif tipe studi kasus ini dalam penentuan sumber data menggunakan teknik snowball. Subyek penelitian: kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli di SDN 1 Trirenggo dilaksanakan dengan pengembangan budaya sekolah (kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian); pengintegrasian dalam mata pelajaran wajib dan muatan local; serta kegiatan pengembangan diri yang meliputi kegiatan ekstrakurikuler serta bimbingan konseling. Kegiatan rutin: budaya jabat tangan, infaq rutin, piket kelas, kerja bakti dan pawai sampah. Kegiatan spontan: teguran dan bimbingan; bantuan serta kegiatan lain yang mendukung. Guru memberi teladan kepada siswanya untuk berperilaku peduli. Pengintegrasian dalam mata pelajaran: melalui pembiasaan perilaku dan dalam materi pelajaran. Kegiatan ekstra kurikuler yang memuat pendidikan karakter peduli: pramuka, duta adiwiyata. Bimbingan Konseling diberikan oleh guru dengan bantuan Puskesmas dan Polsek Bantul. Kata kunci: implementasi, peduli, pendidikan karakter di sekolah.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 482/H1/2020 Kantor Pusat Tidak