Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017

Keterangan Bibliografi
Penulis : Dimas Pramudian
Dosen Pembimbing : Drs. H. Djuwalman, M.Pd.
Penerbit : Prodi BK FKIP Univ. PGRI Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2016
No Mhs :
Subyek : Konseling kelompok - Bimbingan Konseling
Klasifikasi : 371.404 Dim p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xiv,104 hlm.:ilus.; 29 cm.
Keyword :
Status referensi : Buku Referensi
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK N 1 Bantul tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 1 Bantul tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 520 siswa. Sample dalam penelitian ini sebesar 130 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan konseling kelompok dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMK N 1 Bantul tahun ajaran 2016/2017 dengan diketahui rhitung sebesar 0,385 dengan p = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Dengan demikian semakin baik dan efektif pelaksanaan konseling kelompok pada siswa maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pelaksanaan konseling kelompok maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan konseling kelompok yang efektif akan meningkatkan pemahaman rasa percaya diri dan motivasi belajar dalam dinamika kelompok. Diharapkan sekolah dan guru BK dapat meningkatkan konseling kelompok melalui program kegiatan dinamika kelompok yang mendukung terciptanya motivasi belajar siswa yang lebih baik.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 465/H1/2020 Kantor Pusat Tidak