Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Yang Menggunakan BPJS dan Non-BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Viola Fathia Irawan |
Dosen Pembimbing | : Anggi Napida Anggraini |
Penerbit | : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas ALMA ATA Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Pelayanan Tenaga Paramedis |
Klasifikasi | : S VIO h |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xii:81hlm; 29,5 cm |
Keyword | : |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Viola Fathia Irawan. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Yang Menggunakan BPJS dan Non-BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas ALMA ATA Yogyakarta, 2018. subyek: pelayanan tenaga paramedis. Klasifikasi: 610.73 Vio H. Skripsi
Badan Penylenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut UU Nomer 40 Tahun 2004 dan UU nomer 24 Tahun 2011, sebagai suatu sistem yang besar dan baru berlangsung dalam tempo relatif sngkat banyak ditemukan keluhan pasien tentang sistem dan pelayanan kesehatan yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan, sehingga banyak peserta BPJS Kesehatan yang mengeluhkan dengan sistem pelayanan rujukan berjenjang yang diterapkan BPJS Kesehatan, hal ini tentunya akan berpengaruh kepada kepuasan pasien. Kondisi demikian membuat rumah sakit harus menjaga kualitas pelayananannya yaitu dengan cara bekerja sama dengan program pemerintah yang diselenggarakan melalui Asuransi Kesehatan Sosial yang bersifat wajib berdasarkan UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Salah satu bagian dari SJSN yang dikembangkan yaitu Jaminan Kesehata Nasional (JKN). Jaminan Kesehatan Nasional ini telah dilaksanakan sejak 1 Januari 2014 yang bertujuan agar semua penduduk Indonesia terlindungi dalam sistem asuransi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar kesehatan bagi masyarakat secara layak. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan ini meliputi semua fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien yang menggunakan BPJS di RSUD Panembahan Senopati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS dan non BPJS.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 195/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |