Hubungan pola asuh orangtua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kalirandu bangunjiwo kasihan

Keterangan Bibliografi
Penulis : Aidatul Fitri
Dosen Pembimbing : Romdzati
Penerbit : Universitas Muhammadiyah
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
No Mhs :
Subyek : Psikologi anak :
Klasifikasi : 155.4 Aid h
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : v, 62 hlm.: 32 cm
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Salah satu tugas perkembangan anak pada usia toddler adalah toilet training. Toilet training adalah suatu proses pengajaran kepada anak untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar secara benar dan teratur. Kesiapan toilet training pada usia anak usia toddler tidak hanya dipengaruhi kesiapan fisik, psikologis, mental dan orang tua tetapi bisa dipemgaruhi oelh pola asuh orang tua yang diterapkan ke anak. Pola asuh orang tua ada tiga macam diantaranya otoriter, permisif dan demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddlre di Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan non eksperimen dengan desain correlational melalui pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Uji statistik menggunakan chi square dengan a=0,05. Penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis yaitu sebanyak 30 responden (68,2%) dengan kesiapan toilet training sebanyak 22 resp[onden (73,3%), Korelasi menggunakan uji chi square didapatkan hasil nilai p=0,040. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai signifikan p=0,040 < 0,05 yang berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 35/H1/2020 Kantor Pusat Tidak