Hubungan pola asuh orangtua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kalirandu bangunjiwo kasihan
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Aidatul Fitri |
Dosen Pembimbing | : Romdzati |
Penerbit | : Universitas Muhammadiyah |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Psikologi anak : |
Klasifikasi | : 155.4 Aid h |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : v, 62 hlm.: 32 cm |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Salah satu tugas perkembangan anak pada usia toddler adalah toilet training. Toilet training adalah suatu proses pengajaran kepada anak untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar secara benar dan teratur. Kesiapan toilet training pada usia anak usia toddler tidak hanya dipengaruhi kesiapan fisik, psikologis, mental dan orang tua tetapi bisa dipemgaruhi oelh pola asuh orang tua yang diterapkan ke anak. Pola asuh orang tua ada tiga macam diantaranya otoriter, permisif dan demokratis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddlre di Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan non eksperimen dengan desain correlational melalui pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Uji statistik menggunakan chi square dengan a=0,05.
Penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis yaitu sebanyak 30 responden (68,2%) dengan kesiapan toilet training sebanyak 22 resp[onden (73,3%), Korelasi menggunakan uji chi square didapatkan hasil nilai p=0,040.
Berdasarkan analisis data diperoleh nilai signifikan p=0,040 < 0,05 yang berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 35/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |