Pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP

Keterangan Bibliografi
Pengarang : Wahyu Lusty Willyhandy Prayitno
Pengarang 2 :
Kontributor : Supardi, M.Pd
Penerbit : Universitas Negeri Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2017
ISBN : -
Subyek : Multimedia
Klasifikasi : 006.7 WAH p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : v, 223 hlm.: ilus, 23 cm
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

Buku

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP. Kemudian kelayakan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ataua Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan BOrg & Gall. Subjek penelitian adalah 39 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data berupa angket.Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelayakan produk dilakukan oleh guru IPS dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru, lembar angket penilaian siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatis. Hasil penelitian menunjukkan tahap pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP meliputi pengumpulan informasi, perencanaan pengembangan produk, evaluasi produk, serta diseminasi dan sosialisasi. Kedua, kelayakan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP diperoleh berdasarkan a. hasil validasi ahli materi dengan skor 4 atau Baik. b. validasi ahli media dengan skor 3,65 atau sangat baik. c. validasi guru IPS dengan skor 4,35 atau kategori sangat baik dengan rata-rata 4,31 d. tanggapan siswa pada uji coba perorangan sangat baik dengan rata-rata 4,38 f. uji coba lapangan utama dengan rata-rata skor 4,41 atau kategori sangat baik. Kesimpulan hasil tersebut penelitian dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 24/H1/2020 Kantor Pusat Tidak