Pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP
Keterangan Bibliografi
Pengarang | : Wahyu Lusty Willyhandy Prayitno |
Pengarang 2 | : |
Kontributor | : Supardi, M.Pd |
Penerbit | : Universitas Negeri Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
ISBN | : - |
Subyek | : Multimedia |
Klasifikasi | : 006.7 WAH p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : v, 223 hlm.: ilus, 23 cm |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
Buku
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP. Kemudian kelayakan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ataua Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan BOrg & Gall. Subjek penelitian adalah 39 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data berupa angket.Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelayakan produk dilakukan oleh guru IPS dan siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru, lembar angket penilaian siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatis. Hasil penelitian menunjukkan tahap pengembangan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP meliputi pengumpulan informasi, perencanaan pengembangan produk, evaluasi produk, serta diseminasi dan sosialisasi. Kedua, kelayakan multimedia interaktif materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa sebagai sumber belajar IPS kelas VIII SMP diperoleh berdasarkan a. hasil validasi ahli materi dengan skor 4 atau Baik. b. validasi ahli media dengan skor 3,65 atau sangat baik. c. validasi guru IPS dengan skor 4,35 atau kategori sangat baik dengan rata-rata 4,31 d. tanggapan siswa pada uji coba perorangan sangat baik dengan rata-rata 4,38 f. uji coba lapangan utama dengan rata-rata skor 4,41 atau kategori sangat baik. Kesimpulan hasil tersebut penelitian dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 24/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |