Pengaruh pelatihan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu dalam pemantauan perkembangan balita

Keterangan Bibliografi
Penulis : Riftiani Nikmatul Nurlaili
Dosen Pembimbing : Mumtihana Muchlis, S.SiT., M.Kes; Dra. Neni Trilusiana R., M.Kes., Ph.D
Penerbit : Prodi D-IV Kebidanan Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2017
No Mhs :
Subyek : Perkembangan anak - Skrining test
Klasifikasi : 612.65 Rif p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xiv, 115 hlm.: ilus.; 29 cm.
Keyword :
Status referensi : Buku Referensi
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Kader mempunyai peran dalam kefiatan deteksi dini penyimpangan tumbuh kembang balita berpedoman pada Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) yang memuat kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Hasil strudi pendahuluan kades posyandu desa Wonokromo belum dapat melakukan pemantauan perkembangan bayi dan balita menggunakan KPSP. Dengan demikian kades posyandu membutuhkan pelatihan KPSP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan KPSP terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam pemantauan perkembangan balita. Metode penelitian berupa pra experiment one group pre test-post test. Sampel penelitian adalah kader posyandu perempua berjumlah 40 kader dengan usia 35-60 th. Pelatihan dilakukan bulan November 2016 di desa Wonokromo. Metode pelatihan berupa ceramah, diskusi dan role play. Pengetahuan dan keterampilan kader menggunakan KPSP dinilai dari total skor jwaban. Tingkat pengetahuan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dan tingkat keterampilan menggunakan uji Paired t-test. Mayoritas sampel memiliki tingkat pendidikan SMA, telah mengikuti posyandu 3 bulan terakhir, dan belum pernah mendapatkan pelatihan KPSP. Hasil uji statistic pada tingkat pengetahuan menunjukkan selisih rerata mean 4,13 (p=0,000; 95% CI 3,50-4,75). Hasil uji statistic pada tingkat keterampilan menunjukkan selisih rerata mean 7,43 (p=0,000; 95% CI 6,48-8,37). Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara pelatihan KPSP terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam pemantauan perkembangan balita.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 51/H1/2020 Kantor Pusat Tidak