Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Autis Melalui Strategi Pembelajaran Musik Di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Gedongkuning Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Lusiana Dwi Ratnasari |
Dosen Pembimbing | : Drs. Ichsan, M.Pd. |
Penerbit | : Prodi Pendidikan Islam AUD Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
No Mhs | : |
Subyek | : pendidikan anak autis |
Klasifikasi | : 371.94 Lus u |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xix, 164 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Autis merupakan gangguan keterlambatan perkembangan pada kemampuan interaksi sosialnya yang ditandai ketika anak autis diajak berbicara tidak pernah menatap muka orang yang mengajak bicara. Oleh karena itu anak autis juga mengalami keterlambatan perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman anak. Pemahaman anak dapat tergolongkan dalam perkembangan kognitif anak. Pembelajaran music dapat diterapkan pada anak autis dengan cara langsung mengajak anak praktek karena anak autis lebih dapat memahami hal konkret daripada hal yang abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran music menggunakan video dan lagu anak dengan strategi MUSIK untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian mengambil latar Sekolah Khusus Autis Bina Aggita Yogyakarta pada jenjang TK. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan kognitif anak autis diperoleh data kategori rendah dengan nilai 60 dan 56. (2) penerapan strategi pembelajaran MUSIK terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak autis di kelas strawberry dengan subyek 2 anak autis Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta. Pelaksanaan penerapan strategi MUSIK berhasil meningkat dari kategori rendah pada sebelum penerapan menjadi kategori tinggi pada siklus I dan berhasil meningkat pula dari kategori tinggi apda siklus I menjadi kategori sangat tinggi pada siklus II. (3) setelah penerapan strategi pembelajaran MUSIK menggunakan video dan lagu anak, terjadi peningkatan kemampuan kognitis anak autis dengan kategori tinggi pada siklus I dengan nilai criteria
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 58/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |