Pengaruh Penerapan Strategi Menulis Terbimbing Terhadap Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Aprilia Dina Widiyawati |
Dosen Pembimbing | : Dr. Enny Zubaidah, M.Pd. |
Penerbit | : Program PGSD Jurusan Pendidikan SD Fak. Ilmu Pendidikan UNY |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
No Mhs | : |
Subyek | : Menulis - Pendidikan dasar |
Klasifikasi | : 372.623 Apr p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xvi, 189 hlm: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi menulis terbimbing terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan disain yang digubakan adlah quasi eksperimen design. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SDN 1 Pedes yang terdiri dari kelas II A sejumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas II B sejumlah 19 siswa sebagai kelompok control. Kedua kelompok tersebut relative sama atau setara. Obyek penelitian ini adalah keterampilan menulis tegak bersambung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes yang telah dikonsultasikan kepada expert judgement dan diujicobakan. Setelah diujicobakan soal yang valid sebanyak 6 soal. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif yaitu mendeskripsikan rata-rata, median, modus, simpangan baku, skor maksimum dan skor minimum. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan strategi menulis terbimbing memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SDN 1 Pedes. Hal ini ditunjukkanrata-rata pretest pada kelompok eksperimen 61,94 dan pada kelompok control adalah 61,07. Sedangkan rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 80,17 dan kelompok control 61,09 dan selisih sebesar 19,08. Dari selisih tersebut dapat diartikan bahwa hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control, sehingga disimpulkan bahwa strategi menulis terbimbing memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SDN 1 Pedes Sedayu Bantul.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 60/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |