Pengaruh model Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Tiara Dewi ratnawati |
Dosen Pembimbing | : Sri Rochadi, M.Pd. |
Penerbit | : Prodi OGSD Fak. Ilmu Pendidikan UNY |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2017 |
No Mhs | : |
Subyek | : Metode Pembelajaran - Realistic Mathematic Education |
Klasifikasi | : 371.36 Tia p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xiv, 144 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan model Realistic Mathematic Education )RME) terhadap prestasi belajar pemecahan masalah soal cerita siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden. Model RME akan memberikan pengalaman yang nyata kepada peserta didik dan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan matematika mereka sendiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah quai experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 4-17 April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden, Sanden, Bantul. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistic deskriptif dan inferensian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pendekatan realistic mathemathic education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-test prestasi beelajar. Nilai thitung = 2,085 > ttabel = 2,008, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan. Pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa tercapai optimal.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 66/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |