Pengaruh model Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden

Keterangan Bibliografi
Penulis : Tiara Dewi ratnawati
Dosen Pembimbing : Sri Rochadi, M.Pd.
Penerbit : Prodi OGSD Fak. Ilmu Pendidikan UNY
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2017
No Mhs :
Subyek : Metode Pembelajaran - Realistic Mathematic Education
Klasifikasi : 371.36 Tia p
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xiv, 144 hlm.: ilus.; 29 cm.
Keyword :
Status referensi : Buku Referensi
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan model Realistic Mathematic Education )RME) terhadap prestasi belajar pemecahan masalah soal cerita siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden. Model RME akan memberikan pengalaman yang nyata kepada peserta didik dan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan matematika mereka sendiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah quai experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 4-17 April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden, Sanden, Bantul. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistic deskriptif dan inferensian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pendekatan realistic mathemathic education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-test prestasi beelajar. Nilai thitung = 2,085 > ttabel = 2,008, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan. Pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa tercapai optimal.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 66/H1/2020 Kantor Pusat Tidak