Upaya meningkatkan komunikasi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay To Stray (TSTS) di kelas VIII-B SMP Negeri 4 Sewon semester genap tahun ajaran 2017/2018
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Astri Yuniartati |
Dosen Pembimbing | : Dra. Sumargiyani, M.Pd. |
Penerbit | : Prodi Pend. Matematika FKIP Univ. Ahmad Dahlan Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2018 |
No Mhs | : |
Subyek | : Metode Pembelajaran - TSTS |
Klasifikasi | : 371.36 Ast u |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xviii, 155 hlm.: ilus.; 29 cm. |
Keyword | : |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Skripsi
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keadaan yang ada bahwa siswa kurang komunikatif dengan guru dan kesadaran siswa akan pentingnya diskusi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) kelas VIII B SMP Negeri 4 Sewon semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, satu siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa. Obyek penelitian ini adalah komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif TSTS. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan merupakan observasi komunikasi siswa, guru dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan ditunjukkan dengan meningkatnya komunikasi siswa yang mencapai criteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan komuniksi siswa di kelas VIII B SMP N 4 Sewon pada siklus I sebesar 38,35% dengan criteria buruk. Pada siklus II mengalami peningkatan hingga menjadi 62,84% dengan criteria baik.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 73/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |