Gambaran kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Jetis II

Keterangan Bibliografi
Penulis : Tresna Setyaningsih
Dosen Pembimbing : drg. Irwan Dewanto, MMR
Penerbit : Prodi Pendidikan Dokter Gigi Fak. Kedokteran dan Ilmu KesehatanUMY
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2016
No Mhs :
Subyek : Layanan kesehatan - kualitas layanan
Klasifikasi : 353.68 Tre g
Bahasa : Indonesia
Edisi :
Halaman : xi, 98 hlm.; 29 cm.
Keyword :
Status referensi : Buku Referensi
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

TA_Skripsi

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi
Kualitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik dan dapat memuaskan setiap pengguna jasa pelayanan kesehatan. Puas yang dimaksud yaitu perasaan masyarakat setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Pengukuran tingkat kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pengukuran kualitas layanan kesehatan. Penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sample ditentukan dengan cara quota sampling yaitu menetapkan sejumlah anggota secara quantum atau jatah. Berdasarkan criteria tersebut didapatkan subyek penelitian sebanyak 100 pasien yang dibagi menjadi dua sub populasi, 50 pasien BPJS dan 50 pasien non BPJS. Data dianalisis dengan frequencies statistics menggunakan program SPSS. Analisis hasil penelitian kepuasan pasien BPJS secara keseluruhan diketahui masih terdapat responden yang menyatakan tidak puas, sedangkan pada pasien non BPJS menyatakan puas dan sangat puas. Kepuasan terbesar pasien BPJS yaitu aspek tangible (96%) menyatakan puas (4%) menyatakan sangat puas dan kepuasan terkecil yaitu aspek reliability (8%) menyatakan tidak puas dan kepuasan terbesar pasien non BPJS ada di aspek tangible (82%) menyatakan puas (18%) menyatakan sangat puas dan kepuasan terkecil yaitu aspek reliability (4%) menyatakan tidak puas. Ditinjau secara keseluruhan terdapat perbedaan kepuasan pasien BPJS non BPJS terhadap kualitas pelayanan kesetahan gigi dan mulut di Puskesmas Jetis II, dengan hasil kepuasan pasien non BPJS lebih baik disbanding hasil kepuasan pasien BPJS.
Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 76/H1/2020 Kantor Pusat Tidak