Pengaruh terapi murottal terhadap kemampuan komunikasi anak autis di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Bantul Yogyakarta
Keterangan Bibliografi
Penulis | : Mega Nurul Anah |
Dosen Pembimbing | : Romdzati, Ns., MNS |
Penerbit | : Prodi Ilmu KEperawatan Fak. Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2016 |
No Mhs | : |
Subyek | : Pendidikan khusus autis |
Klasifikasi | : 371.94 Meg p |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : |
Halaman | : xii, 92 hlm.; 29 cm. |
Keyword | : |
Status referensi | : Buku Referensi |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
TA_Diploma
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Autisme merupakan gangguan pada perkembangan komunikasi, interaksi, sosial, tidak bisa mengamati dan mengolah informasi. Di DIY, saat ini terdapat 272 anak autis dan jumlah anak autis laki-laki lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi murottal terhadap kemampuan komunikasi anak autis di SLBN 1 Bantul Yogyakarta. Desain penelitian menggunakan pra-eksperimental, pre-test dan post-test tanpa kelompok control. Penelitian ini dilakukan di bulan Juni 2016. Jumlah sampel penelitian adalah 12 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling berdasarkan criteria inklusi dan eksklusi. Kemampuan komunikasi responden diukur dengan Autism Treatment EvaluationChecklist (ATEC). Penelitian ini menggunakan analisa data Paired T-test dengan nilai p=<0,005. Hasil penelitian menunjukkan rerata kemampuan komunikasi sebelum dan sesudah terapi murottal yaitu pre-test 9,25 dan pos-test 10.00 dengan nilai p=0,69 (p>0,005). Kemampuan komunikasi anak autis di SLBN 1 Bantul sebelum dan sesudah melakukan terapi murottal mengalami peningkatan yang tidak signifikan. Tidak ada pengaruh terapi murottal terhadap kemampuan anak autis di SLBN 1 Bantul
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 94/H1/2020 | Kantor Pusat | Tidak |