Menikah, sebuah novel

Keterangan Bibliografi
Pengarang : Jane Maryam
Pengarang 2 :
Kontributor :
Penerbit : Jalasutra
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2015
ISBN : 978-602-8252-42-3
Subyek : Novel
Klasifikasi : 899.221 Jan m
Bahasa : Indonesia
Edisi : Cet. 1
Halaman : 324 halaman; 20 cm.
Keyword : Novel
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

Buku

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Lima perempuan, lima kisah, lima cinta…inilah kisah yang tertuang dalam novel Menikah karya Jane Maryam. Cerita-cerita fiksi yang beranjak dari sebuah kenyataan yang ada disekitar kita tentang perspektif menikah, menurut kacamata lima orang perempuan Indonesia: Yuyun, Lena, Fitri, Andy dan Maya. Kisah kelima perempuan ini bergulat dalam privasi mereka, baik itu sebagai perempuan yang dipoligami (Yuyun), model sekaligus bekerja sampingan escort (Lena), kawin campur sekaligus beda agama (Fitri), lesbian (Andy) dan transseksual perempuan (Maya).

Penulis merangkumnya secara ringan, tetapi memiliki makna mendalam tentang bagaimana menyikapi sebuah hubungan relasi, terutama pernikahan. Revolusi pernikahan terjadi, tidak sekedar perempuan dan laki-laki atau seagama semata. Tapi bahkan ada orang-orang yang memilih memiliki anak tanpa suami. Seperti pada akhirnya Yuyun memutuskan bercerai dari suami yang memoligami dirinya dalam keadaan hamil.

Akhir cerita dari kelima tokoh sentral itu bertemu di Bali dan menyadari bahwa dunia itu sempit, dan ternyata segalanya berkaitan, termasuk pertalian hubungan percintaan dimana sebagian dari mereka memutuskan untuk mengikatnya dalam satu ikatan pernikahan.

Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 632/P1/2018 Kantor Pusat Ya
2 633/P1/2018 Kantor Pusat Ya
3 634/P1/2018 Kantor Pusat Ya
4 635/P1/2018 Kantor Pusat Ya