Jurnalistik

Keterangan Bibliografi
Pengarang : Sedia willing barus
Pengarang 2 :
Kontributor : -
Penerbit : Erlangga
Kota terbit : Jakarta
Tahun terbit : 2015
ISBN : 9786020403465
Subyek : Jurnalisme di Indonesia
Klasifikasi : 071.4 Sed j
Bahasa : Indonesia
Edisi : ed.1, cet.1.
Halaman : 266 hlm. ilus, 26 cm
Keyword : Jurnalisme di Indonesia
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

Buku

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Buku ini menjelaskan sejarah jurnalistik dan pers. Jurnalistik dimulai sekitar tiga ribu tahun yang lalu di Mesir dan dua ribu tahun yang lalu di Roma. Hikmat dan Purnama menjelaskan bahwa pers berasal dari bahasa Belanda yang diartikan sebagai menekan atau mengepres. Selain itu, buku ini berisi teori-teori pers dan fungsi pers. Pers memiliki dua kelompok besar, yaitu Pers Timur dan Pers Barat. Menurut Pers Timur, berita adalah proses yang ditentukan arahnya. Menurut Pers Barat, berita diumpamakan sebagai barang dagang yang dapat diperjualbelikan. Berita menurut Pers Barat harus ditulis dengan menarik karena mereka menjadikan berita sebagai bisnis.

Penulis  menjelaskan bagaimana berita yang layak dimuat dalam surat kabar. Berita yang layak dimuat harus akurat kebenarannya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Masih berhubungan dengan akurat, berita juga harus adil dan berimbang. Hal ini memiliki arti bahwa wartawan harus menuliskan kejadian yang benar-benar terjadi di antara pihak-pihak yang bersangkutan. Berita yang layak dimuat adalah berita yang sesuai dengan kenyataan dan tidak memberikan opini pribadi. Sama seperti karakteristik gaya bahasa, berita yang layak dimuat harus ringkas dan jelas.

Selain itu, berita yang layak dimuat sebaiknya berita yang baru. Dalam buku ini dijelaskan struktur redaksi, wilayah peliputan atau beat, dan syarat-syarat menjadi wartawan yang baik. Penulis menjelaskan empat syarat menjadi wartawan yang baik dengan ringkas dan jelas. Wartawan harus memiliki pengalaman, rasa ingin tahu, daya khayal, dan pengetahuan agar bisa menjadi wartawan yang baik.

Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 2350/P1/2017 Kantor Pusat Ya
2 2351/P1/2017 Kantor Pusat Ya
3 2352/P1/M/2017 Kantor Pusat Ya
4 2353/P1/M/2017 Kantor Pusat Ya
5 2354/P1/M/2017 Kantor Pusat Ya
6 2355/P1/M/2017 Kantor Pusat Ya