Kubah

Keterangan Bibliografi
Pengarang : Ahmad Tohari
Pengarang 2 :
Kontributor : -
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Kota terbit : Jakarta
Tahun terbit : 2012
ISBN : 978-979-22-8774-5
Subyek : Fiksi Indonesia
Klasifikasi : 899.2213 AHM k
Bahasa : Indonesia
Edisi : cet. 1
Halaman : 215 hlm;19 cm
Keyword :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

Buku

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Buku ini sangat menarik untuk dibaca, seperti karya Ahmad Tohari sebelum-sebelumnya, yang mengangkat realita kehidupan ke dalam sebuah tulisan, novel ini pun demikian. Cerita tentang kehidupan masyarakat Pegaten yang miskin namun masih tetap menjalankan tuntunan agama memberikan pelajaran berharga tersendiri bagi pembaca. Gejolak politik masa PKI turut diangkat dalam novel ini sehingga dapat mengingatkan kembali pembaca akan sejarah yang ada dalam perjalanan bangsa Indonesia. Selain itu melalui tokoh Karman pembaca dapat mengambil hikmah tersendiri, yaitu agar memiliki prinsip dalam hidup agar tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang merugikan.

 

Melalui novel ini bisa jadi pengarang mengingatkan pembaca agar selalu berpegang teguh pada nilai-nilai agama. Bahasa yang digunakan dalam novel ini begitu mengalir sehingga jalan ceritanya mudah dipahami oleh pembaca. Sedangkan alur yang digunakan adalah alur campuran, menceritakan kehidupan tokoh utama dari semasa kecil hingga dewasa. Pengarang menggunakan sudut pandang diaan maha tahu, dimana pengarang berada di luar cerita dan hanya sebagai pengamat.

Buku ini sangat cocok untuk memenuhi koleksi buku anda karena novel initer golong novel klasik yang syarat akan makna-makna kehidupan. Ahamd Tohari mampu menyelipkan pesan-pesan moral. Memang benar, novel ini memiliki muatan moral yang tinggi. Sebagai seorang manusia yang berada dalam pusaran masyarakat, haruslah merawat dan menjaga nilai-nilai moral yang hidup di masyarakat. Nilai moral itu teta hidup di Pegaten, desa dimana karman tinggal. Pelajaran pentingnya adalah kita harus memanusiakan manusia.

Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 19220/P1/2014 Kantor Pusat Ya
2 19221/P1/2014 Kantor Pusat Ya
3 19222/P1/M/2014 Kantor Pusat Ya
4 19223/P1/M/2014 Kantor Pusat Ya