Di Kaki Bukit Cibalak

Keterangan Bibliografi
Penerbit : Gramedia
Pengarang : TOHARI, Ahmad
Kontributor : -
Kota terbit : [ Jakarta ]
Tahun terbit : 2008
ISBN :
Subyek : Fiksi Indonesia
Klasifikasi : 813 TOH d
Bahasa : Indonesia
Edisi : -
Halaman :
Lokasi :
Jenis Koleksi Pustaka

CD-VCD-DVD

Kategori Pustaka

Tidak ada kategori

Abstraksi

Moral merupakan sesuatu yang ingin disampaiakan oleh pengarang kepada pembaca, yang merupakan makna yang terkandung dalam sebuah karya sastra dan makna yang disarankan lewat cerita (Nurgiyantoro,2003:321). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Pendekatan yang memandang karya sastra sebagai sarana untuk menyampaikan tujuan tertentu kepada pembaca. Dalam hal ini tujuan tersebut dapat berupa tujuan politik, pendidikan, moral, agama, maupun tujuan yang lain.

Novel Di Kaki Bukit Cibalak ini menggambarkan bagaimana sang pengarang yaitu Ahmad Tohari mengangkat permasalahan kepemimpinan dalam suatu masyarakat desa kecil bernama Tanggir, tahun 1970-an dimana masyarakat hanya manut dan seolah- olah takut pada kekuasaan pemimpin yang dapat berbuat sesuka hati dan bukan sebagai pelindung masyarakat desa. Pada novel ini digambarkan masih adanya seorang pemuda yang mempunyai hati nurani dan mempertahankan kejujran di tengah-tengah pengaruh orang-orang yang sangat licik dan berkuasa. Melalui perjuangannya melalui persuratkabaran dan di dukung oleh orang-orang yang percaya padanya akhirnya Pambudi berhasil membeberkan fakta-fakta kelicikan Pak Dirga seorang lurah desa Tanggir. Di sinilah peran Pambudi untuk menyelamatkan masyarakat Tanggir dari kelicikan seseorang yang ingin berkuasa.

Nilai moral yang terdapat pada novel ini adalah bagaimana seseorang pemimpin hendaknya menjadi benar-benar seorang pemimpin yang mengayomi dan melindungi rakyat demi kepentingan bersama, bukan mencari keuntungan dengan cara licik memanfaatkan kepemimpinannya demi kepentingan pribadi. Nilai kebermanfaatan dapat kita pelajari sikap dan sifat Pambudi yang berpendirian kuat, mengutamakan kejujuran ,dan bertanggung jawab, juga sayang pada keluarga serta menyelamatkan desanya dari orang-orang licik.

Inventaris
# Inventaris Perpustakaan Dapat dipinjam Status Ada
1 11/CD/P1/2014 Kantor Pusat Tidak