Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah
Keterangan Bibliografi
Pengarang | : WALGITO, Bimo |
Pengarang 2 | : |
Kontributor | : |
Penerbit | : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 1985 |
ISBN | : |
Subyek | : Bimbingan & Penyuluhan |
Klasifikasi | : 371.422 WAL b |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : Cet. v, Ed. 3 |
Halaman | : 169 hlm.; 21 cm |
Keyword | : Bimbingan & Penyuluhan |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
Buku
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Bimbingan merupakan bantuan kepada individu dalam menghadapi persoalan-persoalan yang dapat timbul dalam hidup siswa. Tujuannya supaya setiap siswa lebih berkembang semaksimal mungkin. Bimbingan menjadi bidang layanan khusus dalam keseuruhan kegiatan pendidikan sekolah yang ditangani oleh tenaga-tenaga ahli. Beberapa faktor pendukung bentuk kesulitan belajar diantaranya kurangnya kemampuan dasar, belum bisa atau belum memahami cara membaca dan menulis.
Ada juga siswa yang mengalami diskalkulia yaitu kesulitan memahami matematika dasar (operasi hitung), mengorganisasikan angka, serta melakukan penomoran. Contohnya seorang siswa mengalami kesulitan dalam mata pelajaran matematika, karena Seiring waktu, tuntutan kurikulum matematika memaksakan ketegangan meningkat pada perkembangan sistem sarafnya. Ketika diberikan tugas dia selalu mengalami kesulitan untuk mengerjakan.
Dengan memberikan bimbingan konseling pada setiap kelas untuk sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier yang sesuai dengan pola umum. Siswa yang kurang berprestasi bisa terpompa semangatnya untuk meraih prestasi yang maksimal. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi daam belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, siswa tidak akan mengalami titik jenuh dalam belajar dan pada akhirnya minat dan motivasi siswa dalam belajar terus meningkat.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 1179/H1/M/1999 | Kantor Pusat | Ya |